Tips Cara Ampuh Menghapus Virus Yang Bandel Di Komputer atau Laptop

Tips Cara Ampuh Menghapus Virus Yang Bandel Di Komputer atau Laptop 

Virus ialah merupakan sebuah program di  dalam komputer yang di desain untuk dapat merusak atau di desain untuk dapat merugikan pengguna komputer yang terinfeksi dan menguntungkan pada pembuatnya. Pada dasarnya kita telah ketahui bahwa macam-macam virus komputer jenisnya sangatlah banyak dan banyak pula cara jenis-jenis penyebarannya. Ada virus yang menyebar melalui email, flashdisk, iklan pada website, dari folder yang kita download pada website dan masih banyak lagi. Metode penyebaran ini saya pilih berdasarkan pertimbangan karena cara ini lah yang paling sering di pilih oleh para programer virus.

Tips dan Trik Cara Jitu Menghapus Virus Yang Bandel Di Komputer atau Laptop Kita

Nah... Kita sudah tahu bahwa virus memang selalu saja menggangu kegiatan kita di saat kita sedang menggunakan komputer baik itu sedang mengerjakan tugas kantor, tugas kuliah, tugas sekolah, maupun di saat kita sedang bermain game online. Untuk menghilangkan virus yang membandel yang terdapat di komputer kita sangat mudah, anda hanya tinggal menginstall antivirus, baik itu dari local ataupun dari internasional dan menghilangkan virus secara manual tanpa menggunakan anti virus. Tapi terkadang ada beberapa virus komputer yang sangat bandel dan susah untuk di hapus oleh anti virus, kita sebut saja seperti virus copy shortcut(1).ink.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi beberapa tips dan trik solusi cara ampuh menghapus virus yang bandel pada komputer atau laptop. jika anda mempunyai virus yang sangat bandel, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Langkah Pertama, terlebih dahulu kita mengupdate Engine Virus Definitions agar antivirus kita selalu up to date untuk dapat mengenali berbagai virus macam-macam virus yang baru. (Harap diingat ya bro yang di update itu Engine Virus Definitions bukan Update Program).


  • Langkah Kedua, setting antivirus anda ke settingan high. Tetapi harus di ingat setting ke high hanya di perbolehkan di saat anda menghapus virus yang membandel tersebut. janganlah pernah menggunakan setting ke high ini untuk melakukan full scan, karena bisa saja crack atau keygen yang anda miliki bisa terhapus. Maka yang perlu kita perhatikan sebelum menghapus secara permanent, cek terlebih dahulu di antivirus anda untuk skip/ingore yang anda rasa bukan antivirus.
  • Langkah Ketiga, jika masih belum berhasil juga dari cara di atas anda bisa mencoba menginstal beberapa aplikasi tambahan seperti MalawarebytesSuperAntiSpywarePC Tool, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi virus-virus tersebut anda kembali masuk ke computer anda lagi dan pastikan jalur-jalur yang sering di lewati oleh virus anda tutup dan salah satu jalur yang sering di lewati oleh virus adalah jalur port USB. Untuk menutupnya jalur tersebut supaya tidak di lewti virus lagi :

  • Pertama masuk ke Control Panel
  • Lalu cari AutoPlay
  • Kemudian anda hilangkan Check List tersebut
  • Setelah itu pilih Save

Ada pun berbagai cara yang lain seperti dengan menginstal software dari pihak ketiga seperti USB Drive AntivirusUSB Flashdrive Autorun AntivirusTrustPort USB AntivirusNaevius USB AntivirusPanda USB Vaccine dan masih banyak lagi. Tidak jauh berbeda dengan cara manual yang telah tadi desebutkan, hanya saja jika anda menggunakan software ini, anda tidak akan repot-repot untuk menonaktifkan AutoPlay yang ada pada komputer anda, maka falshdisk dan komputer anda akan aman dari serangan virus yang biasanya di mulai dari AutoPlay.

Tidak semua virus hanya numpang exis saja di komputer kita, namun ada beberapa virus komputer yang sengaja di rancang untuk menyembunikan file atau folder kita, adapun virus yang di rancang untuk menghilangkan beberapa option yang memang sering kita pergunakan sehari-harinya. Berikut ini ada beberapa hal yang memang sengaja dilakukan virus dan cara mengatasinya kita pantau satu persatu :


1. Task Manager Yang Hilang Entah Kemana

Mungkin anda kaget saat mencoba menekan tombol kombinasi Alt+Ctrl+Del ternyata Task Manager kita tidak muncul atau hilang entah kemana. Ini merupakan salah satu karena adanya virus yang masuk ke dalam sistem komputer kita. Untuk mengatasinya kita lihat langkah-langkah berikut ini :
  • Tekan Start lalu ketik "regedit" atau pun bisa memakai tombol kombinasi "Windows+R" lalu ketik "regedit"
  • Pilih Edit dan pilih "Find" atau bisa memakai tombol kombinasi "Ctrl+F"
  • Ketik "DisableTaskMgr" lalu pilih find. Setelah masuk, jika anda melihat valuenya 1 ubah menjadi 0 (nol).
Jika masih tetap tidak berhasil, silahkan anda dapat mencoba mengunduh file Task Manager Fix dan setelah di unduh anda tinggal double klik pada aplikasi tersebut. Setelah itu, maka anda dapat mencoba kembali tombol kombinasi Alt+Ctrl+Del dan akhirnya keluarlah Task Manager kita.

2. Pada Menu Start “Menu Run” Hilang Tak Tau Sembunyi Dimana

Jika Run pada Menu Start hilang, anda dapat mencoba dahulu tombol kombinasi Windows + R. Jika memang benar-benar hilang jangan panic, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang seperti di atas.
  • Tekan Start lalu ketik "regedit" atau pun bisa memakai tombol kombinasi "Windows+R" lalu ketik "regedit"
  • Pilih Edit dan pilih "Find" atau bisa memakai tombol kombinasi "Ctrl+F"
  • Ketik "NoRun"  dan ubah value menjadi 0 (nol)


3. File Di Dalam Harddisk atau Flashdisk Hilang

Seringkali data yang butuhkan tiba-tiba hilang, pastinya hal ini sering terjadi oleh kita. Untuk mengatasinya, sebelum anda berfikir file tersebut hilang, ada kalanya anda mengecek terlebih dahulu. Cobalah cara pengeceknya sebagai berikut ini : 
  • Masuk ke My Computer > pilih Organize
  • Lalu pilih Folder and search options
  • Pilih tab View > lalu pilih Show hidden files > folders > drives
  • Hilangkan tanda ceklis pada Hide protected operating system file
  • Klik Apply 
  • lalu klik OK.

Coba anda cari kembali file tersebut, jika masih belum muncul juga anda bisa mencoba menginstal software ini yaitu Software BringBack My Data yang digunakan untuk memunculkan file yang hilang dan Software Attribute Changer yang digunakan untuk merubah atribut file yang telah di ubah.


Sekianlah artikel Crethuseo - Tips Cara Ampuh Menghapus Virus Yang Bandel Di Komputer atau Laptop kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Bila kalian ada pertanyaan atau pendapat bisa kalian tulis dikomentar ❤

0 Response to Tips Cara Ampuh Menghapus Virus Yang Bandel Di Komputer atau Laptop

Post a Comment